New Post

Pengertian,Manfaat,Dampak positif dan negatif Komputer Menurut Berbagai Sumber




v Pengertian Komputer Secara Umum
·         Pengertian Komputer Secara Umum bisa kita artikan kepada kumpulan alat elektronik yang tersusun menjadi rangkaian membentuk sebuah mesin berteknologi dengan kontrol sistem operasi disertai program-program yang mampu menerima dan menyimpan data, melakukan pengolahan dan memberikan hasil dalam bentuk informasi sesuai prosedur operasi yang dirumuskan.
v Menurut buku Computer Annual (Robert H. Blissmer, 1985):
·         Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
·         ~ menerima input
·         ~ memproses input tadi sesuai dengan programnya
·         ~ menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
·         ~ menyediakan output dalam bentuk informasi

v Menurut buku Computer Today (Donald H. Sanderes, 1985):
·         Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (stored program).
v Menurut buku Computer Organization (V.C. Hamacher et al, 1982, ZG. Vranesic, SG. Zaky):
·         Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilakn output informasi.
v Menurut buku Introduction To The Computer, The Tool Of Business (William M. Fuori):
·         Komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan penghitungan yang besar dan cepat, termasuk penghitungan aritmatika yang besar dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan (definisi ini diambilkan dari American National Standard Institute dan sudah didiskusikan serta sudah disetujui dalam suatu  pertemuan Internasional Organization For Standardization Technical Committee)
v Menurut buku Introduction To Computer (Gordon B. Davis):
·         Komputer adalah tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.
·         Dari beberapa definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa komputer adalah:
1.      Alat elektronik
2.      Dapat menerima input data
3.      Dapat mengolah data
4.      Dapat memberikan informasi
5.      Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer
6.      Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
7.      Bekerja secara otomatis
v Menurut (Elias M. Awad)
Ø  Komputer sebuah alat hitung yang memproses data untuk disajikan dalam bentuk data digital dan data analog.
v Menurut (Larry Long dan Nancy Long)
Ø  Komputer adalah alat hitung elektronik yang mampu menginterpresentasikan dan juga melaksanakan perintah program untuk input, output, perhitungan, dan operasi-operasi logik.
v Menurut (Williams, Sawyer)
Ø  Komputer adalah mesin multiguna yang dapat diprogram, yang menerima data (fakta-fakta dan gambar-gambar kasar) dan memproses atau memanipulasinya ke dalam informasi yang dapat kita gunakan

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas). Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang memproses informasi" atau "sistem pengolah informasi."

kegunaan komputer dalam kehidupan sehari-hari

Macam-macam Kegunaan Komputer
1.      Komputer sebagai sarana mempermudah kerja :
Dengan komputer banyak pekerjaan yang dapat di selesaikan dengan mudah, bila dahulu orang mengetik surat harus dengan mesin tik, dan bila ada kesalahan maka kertas tersebut akan di sobek dan di ketik ulang kembali, selain itu dengan mesin tik dokumen yang telah di ketik tidak dapat di edit kembali, sementara dengan menggunakan komputer kita dapat mengetik dokumen, mengedit dan menyimpan dokumen tersebut untuk dapat di edit berulang-ulang.
2.      Kompter Sebagai Sarana Komunikasi
Zaman dahulu bila berkomunikasi dengan seseorang yang berada jauh dari kita, kita dapat menggunakan fasilitas telepon, tapi itu kita hanya mendengar suara teman atau saudara kita. Dengan komputer kita dapat :
  • Berbicara dengan teman atau saudara kita
  • Sambil bicara kita bisa melihat mereka dengan menggunakan Webcam
  • Dapat menuliskan kata-kata kita kepada mereka (Chating)
  • Juga kita dapat menulis surat kepada mereka (Email)
  • Kita dapat mengirim gambar atau file kepada mereka dll
3.      Komputer sebagai Alat Hiburan
Dahulu alat hiburan kita hanyalah Radio, tape, Televisi dan jalan-jalan untuk mengetahui kondisi dan situasi dari satu wilayah. Dengan komputer kita dapat mengghibur diri kita dengan berbagai fasilitas yang terdapat pada komputer antara lain :
  • Mendenar lagu-lagu atau musik melalui CD/DVD atau melalui Internet
  • Menonton Vidoe lewat kaset CD/DVD atau melalui Internet
  • Bermain Game, dengan aplikasi game yang kita Install sendiri atau Game online dengan Internet.
  • Berhubungan dengan teman melalui fasilitas Chating, atau Webcam
  • Nonton TV, dari saluran TV Reciver yang kita pasang pada komputer atau melalui TV Chanel Online dengan Internet
4.      Komputer Sebagai Alat Pendidikan
Dahulu fasilitas pendidikan hanya kita peroleh melalui Sekolah, dan selain di sekolah informasi pendidikan dapat kita peroleh melalui media Radio, Televisi, Koran, dan tempat-tempat kursus. Dengan menggunakan Komputer yang terhubung dengan Internet ataupun tidak kita dapat memperoleh pendidikan dan Ilmu pengetahuan, antara lain :
  • Dari Aplikasi yang kita Install dapat membuat kita menjadi ahli dalam beberapa bidang seperti :, Autocad ; dengan aplikasi ini kita bisa menjadi seorang yang mahir di bidang disain arsitektur dll.
  • Selain dari aplikasi yang kita install, bila kita terhubung dengan Internet kita dapat memperoleh pendidikan atau Ilmu pengetahuan.
  • CBE computer based education sebagai alat pembelajaran
  • CAI computer assisted instruction digunakan pendidik untuk menyampaikan arahan dalam pelajaran
  • Menyimpan data – data pendidik dan para murid, materi belajar dan soal-soal ujian maupun latihan
5.      Komputer Sebagai Sarana Informasi
Dengan komputer kita dapat melihat atau memperoleh informasi yang kita butuhkan seperti :
  • Informasi pendidikan, Tempat-tempat Pendidikan
  • Informasi Hiburan, mencari tempat-tempat Hiburan
  • Informasi Travel, mencari dan memesan tiket transprotasi
  • Informasi Produk, mencari produk yang kita inginkan.
  • Informasi Pekerjaan, menjari lowongan kerja.
  • Informasi Berita, mencari kejadian atau berita dalam dan luar negeri
  • Informasi Cuaca, mengetahui keadaan cuaca saat ini
  • Informasi Lalu lintas, mengetahui situasi lalulintas
  • Informasi Kesehatan, mencari tips kesehatan serta tempat2 untuk pengobatan.
  • Informasi Politik
  • Informasi Perdagangan
  • Informasi Usaha, mencari peluang untuk membuka usaha
  • dan masih banyak lagi informasi yang dapat kita peroleh dari Komputer yang terhubung dengan Internet.
6.      Komputer Sebagai Sarana Usaha
Selain untuk komunikasi, Mempermudah pekerjaan, serta alat hiburan, komputer juga dapat dipergunakan sebagai alat untuk melakukan banyak usaha yang mendatangkan penghasilan bagi kita antara lain :
  • Membuat Rental Komputer
  • Membuat Warnet
  • Membuat Usaha percetakan
  • Membuat usaha Vidoe Editing
  • Membuat Usaha Ringtone dan Wallpaper ke Hp
  • Membuat Usaha Sablon
  • Membuat usaha Service dan Install Komputer Software
  • Membuka usaha Disain Arsitektur.
  • Membuka Usaha disain Grafis untuk periklanan
  • Membuka Usaha disain Website
  • Membuka Usaha programer akounting dan keuangan
  • Membuka Usaha Kursus Komputer
  • Membuat Jasa Website sebagai media Informasi
  • Mengarang dan membuat buku Online yang dapat di jual
7.      Komputer Sebagai Sarana Kontrol
Dibeberapa pabrik, Perhotelan, dan perusahaan banyak komputer dipergunakan sebagai sarana untuk mengontrol atau mengoperasikan system seperti :
  • Mengontrol kamera security
  • Mengontrol pengoperasian mesin Robot pabrik
  • Mengontrol Escalator
  • Pengontorlan pencahayaan untuk lampu Studio rekaman
  • Pengontrolan peralatan Editing Video
  • Pengontrolan tata lampu traffic jalan
  • Pengontrolan system jaringan Network
8.      komputer dalam bidang industri
Di dalam bidang industri,komputer telah digunakan untuk mengendalikan mesin –mesin produksi dengan kecepatan tinggi ,misalnya computer numeric control(cnc) pengawasan numeric atau perhitungan , computer aided manufacture(cam) dan computer aidad design(cad) yaitu merancang bentuk desain sebuah produk yang akan dikeluarkan pada sebuah industri atau pabrik.
Peralatan yang biasa digunakan dalam bidang industri
·         CAM(computer aided manufacturing) untuk meningkatkan produktivitas
·         CAD(COMPUTER AIDED DESIGN) untuk merancang produk industri misal ;mobil,dll
·         Penggunaan robot yang dikendalikan oleh komputer jark jauh
9.      komputer dalam bidang perbankan
Contohnya:
·         Sistem uang elektronik (ATM,Kartu kredit dan debit) 
·         Penyimpanan data
·         Pemrosesan transaksi secara on line
·         Pembayaran secara online
10.  komputer dalam bidang perdagangan
Contohnya;
·         Memproses data transaksi dalam jumlah yang banyak
·         Menyimpan hasil transaksi,persediaaan barang-barang(stock)
·         Pembuatan laporan keuangan,faktur,surat-surat dokumen dll
·         Selain pembayaran tunai bisa juga secara elektronik
11.  komputer dalam bidang kedokteran
Contohnya :
·         Membantu dokter dalam mendiaknosis penyakit pasien
·         CAT computer axial tomography untuk menghasilkan gambar sinar x bergerak
·         Membantu tuna netra membaca dengan teks khusus
·         Menyimpan riwayat penyakit pasien,penggajian karyawan rumah sakit
·         Mengelolaan persediaan obat-obatan
12.  komputer dalam bidang seni
·       SYNTHESIZER digunakan untuk bunyi alat musik seperti bunyi gitar dan piano
·       Untuk proses penciptaan lagu
·        Untuk menghasilkan animasi dalam film film kartun dan special effect 13 komputer dalam bidang rekreasi
·       Sumber alat rekreasi seperti games online
·       Roller coaster yang dikendalikan oleh komputer
13.  Komputer dalam  bidang penelitian science
·         Penyelidikan tenaga nuklir dan pemrosesan data
·         Penelitian ruang angkasa
·         Ramalan cuaca seperti pengambilan gambar awan
14.  komputer dalam bidang Hankam
·        Kapal perang dan kapal terbang dipasang peralatan komputer untuk membantu navigasi atau serang yang lebih tepat
·      Untuk simulasi perang atau terbang
15.  komputer dalam bidang komunikasi
·         Telekomunikasi yaitu teleconference
·         E-mail , voice mail dll
·         Modem sebagai alat sarana komunikasi antar komputer dengan internet

Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Komputer

Ø  Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Komputer Di Dunia Internet
Dampak Positif :
1.      Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
2.      Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
3.      Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
4.      Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
5.      Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain
6.      Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.
Dampak Negatif :
1.      Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.
2.      Violence and Gore
Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat ‘menjual’ situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
3.      Carding
Karena sifatnya yang ‘real time’ (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini.
4.     Perjudian
Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya.
5.      kecanduan game online
a.      Mengganggu kesehatan
b.      Perubahan pola makan dan istirahat
c.       Terbengkalainya kegiatan di dunia nyataPemborosan
d.      Berbicara kasar dan kotor
e.       Mendorong melakukan hal-hal negatif
f.       Gangguan jiwa
6.      Banyak terjadi aksi penipuan dengan membuat Website untuk mendapatkan uang secara mudah. Programer yang terkenal dengan sebutan Hacker, yang dapat mengambil data seseorang untuk diperjual belikan, serta dapat merusak system orang.
Ø  Dampak positif dan Negatif  komputer dalam bidang pendidikan
Dampak Positif :
1.      Dengan adanya komputer memudahkan para guru maupun pegawai sekolah dalam memproses nilai siswa ,kehadiran siswa, pembayaran sekolah , pembuatan jadwal,dll
2.      Mempermudah siswa dalam mengerjakan tugas menambah pengetahuan dan wawasan semakin luas
3.      Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan
4.      Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan
5.      Selain berdampak positif , komputer juga bisa berdampak negatif ,seperti;
6.      Kemajuan TIK juga akan semakin mempermudah terjadinya pelanggaran terhadap hak atas kekayaan intelektual (haki) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.
Dampak Negatif :
1.      Anak, kemungkinan besar tanpa sepengetahuan orangtua, ‘mengkonsumsi’ games yang menonjolkan unsur-unsur seperti kekerasan dan agresivitas.
2.      Akses negatif lewat internet
3.      Pengaruh negatif lain bagi anak, adalah kecendrungan munculnya ‘kecanduan’ anak pada komputer. Kecanduan bermain komputer ditengarai memicu anak menjadi malas menulis, menggambar atau pun melakukan aktivitas sosial.
4.      Kecanduan bermain komputer bisa terjadi terutama karena sejak awal orangtua tidak membuat aturan bermain komputer. Seharusnya, orangtua perlu membuat kesepakatan dengan anak soal waktu bermain komputer.
Ø  Dampak positif dan negatif penggunaan komputer dalam bidang industri
Dampak positif :
1.      Proses produksi menjadi lebih cepat dengan menggunakan teknologi komputer proses produksi menjadi lebih cepat dibandingkan dengan dikerjaakan secara manual
2.      Produktivitas meningkat, mesin –mesin berteknologi komputer mampu produksi  barang dengan kuantitas yang banyak sekaligus.
3.      Mengurangi resiko kerja. Keselamatan kerja para pekerja pabrik meningkat.karena pekerjaan yang beresiko dapat dilakukan / di gantikan oleh robot
4.      Mengurangi kesalahan, dengan komputer , perusahaan dapat meminimalkan kesalahan – kesalahan yang terjadi selama proses produksi karena ketepatan komputer.
Dampak negatif :
1.      Mengurangi kesempatan kerja,dengan sistem otomsasi industri, semua tugas manusia digantikan oleh mesin-mesin dan aplikasi komputer
2.      Biaya perawatan dan pemeliharaan mesin dan robot dalam bidang industri relatif mahal
3.      Kurangnya sumber daya manusia yang mampu mengontrol dan menjalankan alat – alat berteknologi canggih seperti itu
4.      Pemborosan energi ,setia mesin membutuhkan energi untuk bisa beropersasi misalnya energy listrik atau bahan bakar.
Ø  Dampak positif dan Negatif  Komputer Dalam Bidang Kesehatan
Dampak positif :
  • Ditemukannya mikroskop, sinar-X, antibiotik, obat-obat bius, transplantasi vaksinasi bidang kedokteran dan pengobatan dalam rangka peningkatan kesehatan masyarakat telah maju dengan pesat. Penemuandalam bidang-bidang tersebut telah membebaskan manusia dari bahaya maut, akibat penyebaran wabah penyakit yang mengerikan seperti cacar, typus, malaria, TBC, tumor, kanker, dan lain-lain.
  • Ditemukannya alat-alat pengganti organ tubuh manusia yang telah rusak. Misalnya mata (baik mata buatan maupun donor mata), ginjal dan jantung.
  • Diketemukannya keahlian dalam bidang operasi plastik, sehingga hidung yang pesek dapat menjadi mancung, dan lain-lain.
  • Diketemukannya tata menu makan setiap hari. Dengan diketemukannya cara ini, sebagian besar masyarakat telah mengatur menu makan dengan zatvitamin sehingga dapat memperlambat keausan setiap organ tubuh manusia dengan begitu akan memberi kesempatan untuk lebih lama.
  • Diketemukannya peralatan untuk mengolah sampah dan limbah sehingga sampah dan limbah tidak lagi mengganggu kelangsungan hidup manusia
Dampak negatif :

Dampak negatif psikologi yang ditimbulkan dari komputer antara lain :

1. Anti Sosial
Sikap dan perilaku anti sosial terbentuk dari terpaan isi program dari fitur yang diciptakan dari media ini komputer. Salah satu fitur yang banyak menghiasi isi software komputer adalah permainan. Baik anak-anak, remaja sampai orang dewasa menggunakan komputer untuk memainkan permainan kesukaan mereka masing-masing. Contohnya saja mahasiswa-mahasiswa bermain permainan olahraga atau perang-perangan seperti counter strike (CS) yang merupakan permainan dalam komputer.


Berdasarkan penelitian eksperimen dalam buku yang ditulis Andersen, permainan komputer dengan kandungan kekerasan memiliki tingkat terpaan kekerasaan yang sama seperti terpaan dalam prgram televisi. Bahkan sebuah penelitian menyatakan bahwa permainan video (video games) memiliki kemampuan lebih besar untuk membuat anak-anak menjadi kurang sensitif terhadap kekerasan dibandingkan televisi atau pun pengalaman kehidupan yang bersinggungan dengan kekerasan.


2. Computer Anxiety (kecemasan, ketakutan terhadap komputer)
Ketakutan terhadap komputer ini menerpa hampir sepertiga populasi pengguna dewasa komputer. Beberapa akibat dari kasus yang paling menakutkant yang dirasakan terhadap komputer adalah mual-mual, vertigo, dan keringat yang bercucuran. Penyebab ketakutan mereka ada banyak hal dan salah satunya karena ketakutan mereka akan mendapatkan bencana dengan menekan kunci yang salah. Dalam hal ini ketakutan mereka dihubungkan dengan tingkat privasi yang dapat ditembus karena kesalahan mereka menekan tombol misalnya saja menekan gambar spam yang ada dalam internet. Penyebab lainnya adalah perasaan lepas kendali yang dirasakan orang-orang non teknis atau tidak memilki kemampuan teknis pada komputer ketika dihadapkan pada sistem teknis yang kompleks dan menyulitkan.

3. Adiksi terhadap internet

Komputer juga dapat membuat kecenderungan adiksi pada semua orang yang menggunakan komputer. Perasaan ini mendorong orang untuk terus-menerus menggunakan komputer layaknya orang yang mengidap ketagihan narkotika. Komputer beserta fitur yang ditawarkannya secara tidak sengaja membentuk komputer menjadi sperti obat yang harus diminum dan jika tidak diminum akan menimbulkan rasa sakit tersendiri yang dialami para penggunanya. Situs-situs yang ada dalam internet dengan jasa dan layanan yang ditar
arkan dapat memenuhi kepuasan dan kebutuhan orang yang memakainya.
Sedangkan Efek Negatif terhadap kesehatan manusia yang ditimbulkan oleh teknologi komputer adalah antara lain :

1. RadiasiMonitor
Mata adalah organ tubuh yang paling mudah mengalami penyakit akibat kerja, karena terlalu sering memfokuskan bola mata ke layar monitor. Tampilan layar monitor yang terlalu terang dengan warna yang panas seperti warna merah, kuning, ungu, oranye akan lebih mempercepat kelelahan pada mata.
2. Terganggunya Syaraf
Printer yang menggunakan sistim buble jet kebisingannya relatif lebihrendah bila dibandingkan dengan printer sistim dot matrix. Saat ini printer yang paling rendah kebisingannya adalah sistim laser printer. Kebisingan yang tinggi dapat mempengaruhi syaraf manusia dan hal ini dapat berakibat pada kelelahan maupun rasa nyeri.
3. Repetitive Strain Injury (RSI)
RSI merupakan sebuah terminologi yang mengacu pada beberapa variasi keluhan kerangka otot (musculoskeletal). Ini menyangkut keluhan yang dikenal dengan sakit urat otot. RSI meliputi gangguan lengan atas berkaitan dengan kerja (Work-Related Upper Limb Disorders) dan luka penggunaan berlebihan yang berhubungan dengan kerja (Occupational Overuse Injuries).




Tapi kesemuanya itu baik dan buruknya fungsi komputer tergantung kepada si pemakainya, dan saya yakin bahwa komputer di ciptakan bukanlah untuk membuat hal yang buruk, tetapi untuk membantu manusia dalam mempermudah segala bidang pekerjaan.